Resensi Film

 

‘BADAI PASTI BERLALU’, Tatkala Hati Siska Kelabu

Lihat GambarKapanLagi.comPemain : Raihannun,Vino G Bastian, Wingky Wiryawan

BADAI PASTI BERLALU awalnya adalah cerita bersambung yang dimuat di harian Kompas. Karena banyak peminat, cerbung ini oleh penulisnya Marga T diterbitkan menjadi sebuah novel.

Novel Badai Pasti Berlalu kali pertama terbit pada tahun Maret 1974. Begitu dirilis novel ini meledak di pasaran. Angka penjualan menembus 24.000 eksemplar. Ukuran yang sangat tinggi kala itu.

Tahun 1978 lahir film BADAI PASTI BERLALU. Seperti novelnya meraup sukses besar. Ia menjadi film terlaris 1978-1979. Dan, menjadi film terlaris kedua di Jakarta dengan jumlah penonton 212.551 orang.

Badai Pasti Berlalu memperoleh Piala Citra pada FFI 1978 di Ujung Pandang untuk kategori editing, fotografi, editing suara dan tata musik. Dan, meraih Piala Antemas FFI 1979 sebagai film terlaris.

Album soundtrack-nya yang dinyanyikan Chrisye juga menuai sukses. Kesuksesan ini tak pelak membuat para pemain yang terlibat dalam film garapan Teguh Karya dengan skenario ditulis Arifin C Noor ini, meroket ke puncak popularirtas. Seperti Christine Hakim, Slamet Rahardjo Djarot dan Roy Marten.

Tahun 2007, 29 tahun kemudian, Astral Pictures me-remake film ini. Teddy Soeriatmadja, semula menolak waktu ditawari menggarap film ini. Dia khawatir karyanya akan dibanding-bandingkan karya Teguh Karya. Namun kemudian Teddy berpikir dengan me-remake BADAI PASTI BERLALU dirinya ingin memberikan tribute untuk Teguh Karya yang dikaguminya.

Semula pengambilan gambar akan dilakukan di Malaysia. Namun karena tak cocok maka lokasi tetap di Jakarta. Seting waktunya pun mengambil waktu saat ini.
Jika pada garapan Teguh Karya, tokoh Siska yang dimainkan Christine Hakim, tatkala patah hati lari ke villa puncak Bogor, maka remake-nya, dimainkan Raihaanun. Pelariannya tidak lagi ke Puncak tapi ke Bali.

Pada BADAI PASTI BERLALU versi Teddy, Slamet Rahardjo Djarot kembali terlibat. Tapi tentu kali ini ia berperan sebagai seorang bapak. Karakter yang dimainkan Slamet kala itu, kini ditempati Wingky Wiryawan. Sementara tokoh Siska yang dulu diperani Christine Hakim, kali ini dimainkan pendatang baru, Raihaanun. Dan Vino G Bastian menempati peran yang dulu diisi Roy Marten.

Di sini Anda akan melihat akting Wingky Wiryawan memainkan karakter antagonis. Mungkin ini cukup surprise mengingat selama ini Wingky hanya bermain memerankan karakter protagonis. Remake BADAI PASTI BERLALU dipersiapkan beredar pada Februari 2007 bertepatan dengan momen Valentine Day.

Seperti novel dan karya Teguh Karya film ini berkisah tentang perasaan Siska yang patah hati. Tunangannya membatalkan perkawinan mereka dan menikah dengan gadis lain.

Ia kehilangan semangat hidup. Siska memutuskan keluar dari pekerjaannya dan hidup menyendiri. Leo – teman karib abang Siska – mendekatinya. Sebenarnya Leo yang dikenal sebagai ‘Don Yuan’ mempunyai motif tersendiri untuk membangkitkan semangat hidup Siska yang sudah terlelap dalam apati dan beku bagaikan gunung es.

Lalu, muncul pula Hehni, seniman pegawai niteclub, seorang pemuda yang lincah, perayu, dan licik. Badai demi badai yang hitam pekat melanda hati Siska. Kapan badai ini akan berlalu? (rsd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: