JERAWAT, siapa takut ?

Jerawat terkadang tiba-tiba saja muncul dan tidak dapat dihindari. Terutama bagi yang berjenis kering dan berminyak. Begitu terkena panas terik seperti berjemur di pantai, jerawat pun langsung muncul. Tak perlu risau, dengan perawatan yang benar, Anda bisa mendapatkan kembali kulit yang sehat dan bebas jerawat. Berikut adalah cara tepat agar kulit tetap sehat. Proses pembersih. Ini merupakan langkah awal paling penting untuk melalui proses perawatan kulit, terutama untuk kulit berjerawat. Kulit yang berjerawat pada dasarnya sudah mengalami iritasi. Cara yang terbaik adalah memilih pembersih khusus wajah dan jangan gunakan sabun mandi biasa karena akan merusak kulit wajah. Usahakan sebisa mungkin memilih pembersih kulit wajah yang berjenis sensitif atau untuk kulit yang peka. Pembersih yanq dianjurkan diantaranya, yang tidak mengandung deterjen maupun pewangi, yang seimbang kadar Ph-nya untuk jerawat yang parah, bisa dicoba pembersih yang mengandung obat jerawat seperti kandungan benzail peroxide, sulfur (belerang). Pentingnya selalu membersihkan kulit wajah bagi yang berjerawat, usahakan memilih produk pembersih yang lembut. Selain agar tidak terjadi iritasi, pembersihan lembut ini tak akan membuat parah keadaan.

Perawatan. Perawatan atau pengobatan adalah solusi tepat saat kulit sedang berjerawat. Pengobatan jerawat dapat dibagi dua di antaranya: (a)Perawatan topikal, yakni perawatan yang dibubuhkan langsung pada kulit. Produk pengobatan jerawat yang digunakan secara topical ini umumnya mengandung bahan aktif seperti benzoil peroksida, asam salisilat (salicylic acid), resorcinol. Contohnya seperti Clearasil yang mengandung benzoil peroksida. Bahan alami pun kerap digunakan sebagai pembasmi jerawat, contohnya seperti sulfur (belerang) dan ekstrak tumbuhan tea tree seperti Body Shop Tea Tree Oil.

(b) Perawatan oral, atau secara diminum adalah perawatan dengan menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter kulit spesialis kulit. Urnumnya yang diberikan adalah jenis antibiotik seperti tetracycline, doxycycline, minocycline atau pun erythromycin. Antibiotik ini diberikan jika jerawat sudah mulai agak parah, terutama jika sudah menyebar sampai ke bagian punggung dan dada. Manfaat utama dan pemberian antibiotik ini adalah untuk menurunkan jumlah bakteri serta mengurangi kemerahan pada kulit.

Ekstraksi, ini adalah proses pengeluaran jerawat. Pada dasarnya sangat tidak dianjurkan memencet jerawat karena beresiko timbulnya bekas luka permanen. Jika Anda ingin mengeluarkan jerawat, sebaiknya dilakukan oleh dokter maupun ahli terapis facial. Sayangnya hal tersebut tidak selalu dapat Anda dilakukan. Bagi yang ingin mengeluarkan jerawat sendiri, sebaiknya lakukan dengan hati-hati dan tangan dalam kondisi yang bersih dan higenis. Pertama, kompres dahulu jerawat dengan air hangat selama beberapa menit untuk membuat jerawat serta kulit sekitarnya melunak, kondisi ini akan memudahkan proses ekstraksi. Pencet kedua sisi jerawat dengan menggunakan tekan secara perlahan. Jika sesudah beberapa kali tekanan isi jerawat tidak juga keluar, itu berarti jerawat Anda memang belum saatnya untuk pecah, tunggu beberapa hari lagi. Jika isi jerawat sudah keluar, akhiri dengan kompres alkohol untuk menutup kembali pori-pori sekaligus membunuh kuman.

Sebaiknya tidak usah merias wajah selama masih berjerawat, terlebih jika jerawat sudah menyebar ke seluruh wajah. Namun, bila Anda kurang percaya diri untuk tampil tanpa riasan, maka gunakan rias wajah yang oil free, non comedogenic, water based, berbahan dasar air.

One response to this post.

  1. Posted by deri on 12 Mei 2010 at 10:54 pm

    bagus bnget…………………………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: